PENCARIAN PROPERTI ONLINE, KOS-KOSAN LEBIH POPULER KETIMBANG RUMAH

Posting : Jumat, 28/07/2017

Perkembangan teknologi membantu masyarakat mencari lebih cepat dan mudah, salah satunya berkaitan dengan properti. Menariknya, sektor properti yang lebih banyak dicari adalah tempat indekos ketimbang apartemen dan rumah.

Setidaknya demikian hasil pantauan OLX Indonesia. Sebagai pemain e-commerce yang menampilkan iklan baris berbagai produk, OLX punya data tersebut yang dikumpulkan April-Juni 2017.

"Indekos itu yang paling menarik untuk kategori di properti karena jumlah peminatnya paling tinggi," ujar Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Bila dipersentasekan properti di OLX, indekos iklannya 3% masih di bawah rumah 63%, tanah 19%, apartemen 9%, dan bangunan komersil 5%. Tapi, kata Edward, rata-rata iklan kos-kosan ini langsung diserbu orang.

"Setiap iklan yang ada itu minimal dihubungi tiga pembeli dalam satu minggu. Dan yang menarik kos-kosan itu peminat besarnya adalah satu iklan dihubungi 23 peminat dalam rata-rata tiap bulan. Ini tidak terjadi di apartemen atau rumah," tutur pria yang dipanggil Kiki ini. 

OLX menyebutkan, untuk iklan hunian sewa seperti indekos ada lebih dari 9.000 iklan baru yang terpampang di platformnya. Variasi harga indekos di OLX Indonesia berkisar antara Rp 400 ribuan hingga jutaan.

Dengan jumlah pengguna OLX 23 juta, peminat indekos diperkirakan akan terus tumbuh seiring dengan orang-orang yang ingin mencari informasi sewa hunian di kota-kota, baik sebagai mahasiswa atau bekerja.

 

Sumber : detik.com