INGIN MEMBANGUN RUMAH ALA SCANDINAVIAN? SIMAK DULU 7 HAL INI!

Posting : Kamis, 06/02/2020

Gaya rumah ala Scandinavian belakangan ini memang sedang menjadi tren. Rumah dengan konsep Scandinavian identik dengan minimalis dan kebersihannya. Jika kamu masih bingung dengan konsep hunianmu, desain Scandinavian bisa menjadi salah satu inspirasinya. Namun, simak dulu beberapa hal penting berikut ini sebelum mewujudkan rumah dengan gaya Scandinavian ya!

1. Kayu

Foto: wallsandfloors.co.ukFoto: wallsandfloors.co.uk

Desain rumah Scandinavian identik dengan pemakaian kayu. Tetapi tidak semua jenis kayu umum untuk dipadukan dengan desain ini. Biasanya kayu-kayu yang digunakan adalah jenis kayu dengan warna yang cerah.

 

2. Rapi

Foto: lorenacanals.usFoto: lorenacanals.us

Bentuk rumah Scandinavian pada dasarnya berbentuk kecil sehingga tidak memungkinkan untuk menyimpan banyak barang. Seiring dengan perkembangan, rumah Scandinavian dengan desain lebih megah tetap berpegang pada konsep ini. Cocok sekali untuk kamu yang mau memulai hidup minimalis. Pemilihan furnitur multifungsi juga berperan penting agar lebih hemat tempat namun barang-barang tetap tersimpan rapi.

 

3. Pencahayaan natural

Foto: hegeinfrance.comFoto: hegeinfrance.com

Karena cuaca di Eropa yang tergolong dingin dan gelap, pencahayaan natural merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan masuknya cahaya. Maka dari itu rumah model Scandinavian identik dengan kaca yang besar. Indonesia dengan iklim tropisnya bisa juga mengadaptasi gaya ini. Tambahkan gorden tipis agar cahaya yang masuk tidak terlalu panas.

 

4. Aksen yang sederhana

Foto: PinterestFoto: Pinterest

Karena kerapihannya, dekorasi-dekorasi pada rumah Scandinavian juga terbilang sederhana. Kombinasikan bingkai-bingkai tipis dengan warna gelap untuk aksen sederhana namun tetap indah.

 

5. Warna-warna natural yang lembut

Foto: thenordroom.comFoto: thenordroom.com

Karena musim dingin yang panjang dan gelap, rumah-rumah di semenanjung utara Benua Eropa ini dicat dengan warna-warna natural yang cerah namun tetap lembut. Pemilihan warna ini bertujuan untuk membuat rumah terkesan lebih terang. Umumnya palet warna rumah Scandinavian terdiri 4 warna yaitu putih, abu-abu, pink pucat, dan hijau pucat.

 

6. Tanaman

Foto: joecatherine.comFoto: joecatherine.com

Scandinavian sangat mengapresiasi alam, hal ini dapat dilihat dari furnitur-furnitur seperti kayu dan batu. Ternyata hal ini bukan saja berdasarkan estetika semata namun sebagai bentuk apresiasi. Selain pilihan dekorasi yang sederhana, kamu dapat menambahkan tanaman di dalam ruangan. Rumahmu akan terlihat lebih segar.

 

7. Kenyamanan

Foto: 73.doktoryeri.comFoto: 73.doktoryeri.com 

Selain pemilihan cat, furnitur, dan dekorasi, ada satu hal penting lainnya dari rumah Scandinavian. Hal itu adalah kenyaman. Orang-orang Skandinavia sangat mementingkan aspek ini. Tambahkan bantal-bantal empuk dan juga selimut hangat. Dijamin sangat cozy deh sewaktu musim penghujan datang.

7 hal di atas merupakan fitur penting yang ada dalam rumah dengan gaya Scandinavia. Tertarik untuk mulai mencobanya? :)



Referensi:

Contemporist

Apartment Therapy

 

 

 Ke Atas